Mencegah masalah stunting pada anak
- Parenting

Mencegah masalah stunting pada anak

Masalah stunting adalah hal yang sangat perlu diwaspadai karena Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki masalah stunting terbesar di dunia. Definisi dari stunting yakni gangguan pertumbuhan pada anak yang disebabkan oleh kurang terpenuhinya gizi, adanya infeksi, dan kurangnya stimulasi. Menurut data Riskesnas 2018, penderita stunting di Indonesia sudah mengalami penurunan akan tetapi masih perlu kita waspadai untuk tetap mencukupi gizi dan nutrisi anak untuk pencegahan stunting sejak usia dini. Berikut ini adalah beberapa upaya yang dilakukan untuk mencegah masalah stunting pada anak dikemudian hari.

Memenuhi nutrisi sejak hamil

Tindakan yang bisa anda digdaya dilakukan dalam mencegah stunting dalam anak adalah dengan selalu memenuhi gizi dari awal masa kehamilan anda. Lembaga kesehatan Millenium Challenge Account Indonesia menyarankan supaya bagi para ibu yang merencanakan kehamilan ataupun yang sedang mengandung agar selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Selain itu, mereka juga dianjurkan untuk mengkonsumsi tambahan suplemen yang dianjurkan oleh dokter. Selain itu, bagi wanita yang sedang hamil atau berencana menjalani proses kehamilan sebaiknya selal rutin memeriksakan kesehatannya dengan melakukan kunjungan ke dokter atau bidan terdekat dari lokasi anda.

ASI ekslusif

Veronika Scherbaum, seorang pakar nutrisidalam penelitiannya berdasarkan Universitas Hohenheim, Jerman, menyatakan bahwa pemberian ASI ekslusif ternyata sangat berpotensi dalam mengurangi peluang masalah stunting anak karna di dalam asi terdapat kandungan gizi mikro dan makro. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memberikan ASI ekslusif kepada buah hati anda selama 6 bulan full agar anak mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat kedepannya.

Penuhi Nutrisi Si Kecil secara Optimal

Cara mencegah stunting yang perlu anda perhatikan adalah dengan memberikan nutrisi dan asupan yang bergizi untuk buah hati anda seperti vitamin, mineral kalsium, protein, dan lemak sehat, karbohidrat. Setelah itu, orang tua hendaknya juga memberikan nutrisi tambahan yakni susu bernutrisi yang bisa disesuaikan dengan usia si kecil. Susu memiliki manfaat untuk memberikan vitamin da nutrisi tubuh anak sehingga dapat menjaga sistem imun dan juga mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, menutrisi otak, sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih optimal.

Menjaga Kebersihan

Masalah stunting juga dapat disebabkan oleh kurang terjaganya kebersihan lingkungan. Lingkungan yang tidak bersih menyembabkan tumbuhnya berbagai macam sumber penyakit. Bagi anak-anak, mereka belum memiliki sitem imun yang kuat sehingga lebih rentan terkena penyakit seperti infeksi dan peradangan. Oleh karena itu, hendaknya bagi semua orang tua dan keluarga untuk mempraktikan kebersihan dengan baik misalnya, menerapkan mencuci tangan menggunakan sabun & air mengalir sebelum & setelah makan. Dengan menjaga lingkungan dan menerapkan gaya hidup yang bersih, maka resiko terkena penyakit akan semakin kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.