Penambah Rasa Makanan Alami Tanpa MSG
- Others

Penambah Rasa Makanan Alami Tanpa MSG

Penambah rasa atau juga kerap disebut penyedap memang sangat erat kaitannya di dunia kuliner. Beberapa sumber mengatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi MSG bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan menggunakan penambah rasa makanan alami guna menghindari hal buruk tersebut. Berikut ini adalah daftar penyedap alami yang bisa Anda gunakan.

Daftar Penambah Rasa Makanan Alami

  1. Rempah-rempah

Indonesia merupakan salah satu negara penyedia rempah-rempah terbesar di dunia. Oleh karena itu, manfaatkan kelebihan ini semaksimal mungkin. Rempah-rempah bisa digunakan sebagai penambah rasa alami untuk menggantikan MSG. Ada banyak sekali kombinasi-kombinasi yang menghasilkan cita rasa tertentu. Kombinasi ini dapat dipelajari melalui berbagai sumber seperti Google atau YouTube.

Selain itu, harga rempah-rempah juga terjangkau serta mudah ditemukan. Anda bisa mencari di pasar-pasar tradisional hingga supermarket. Yang jelas, pastikan rempah-rempah masih dalam kondisi baik dan belum layu agar rasanya lebih nikmat saat digunakan.

  1. Kedelai

Siapa sangka bahan satu ini dapat digunakan untuk menambah rasa makanan. Selain mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh, kedelai juga sering digunakan pada masakan Jepang dan Cina guna memicu umami secara alami. Bahkan, beberapa penelitian mengatakan bahwa nutrisi pada kedelai hampir mirip dengan nutrisi pada daging. Jadi, tidak ada salahnya mencoba bahan satu ini.

  1. Garam

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan bumbu dapur ini. Garam dapat digunakan sebagai penyedap alami. Akan tetapi, sebaiknya gunakan garam larut karena rasanya tidak terlalu tajam jika dibandingkan garam meja. Selain itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi garam karena jika berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah atau hipertensi.

  1. Jamur

Selanjutnya adalah jamur. Bagi beberapa orang mungkin memiliki pantangan mengonsumsi bahan satu ini. Akan tetapi, sebenarnya jamur memiliki fungsi sebagai penambah rasa secara alami. Jamur memang kerap digunakan untuk menggantikan daging sebagai sumber protein. Namun, di sisi lain ternyata jamur juga bisa membuat rasa menjadi lebih umami, terutama jamur Shiitake atau Portobello.

  1. Rumput laut

Jika dibandingkan dengan bahan-bahan sebelumnya, mungkin rumput laut memang memiliki harga cenderung lebih tinggi. Hal tersebut tidak lepas dari sulitnya mendapatkan rumput laut berkualitas tinggi. Salah satu jenis yang kerap digunakan sebagai penambah rasa adalah Dulse. Dulse mempunyai kesan sedikit asin dan dapat membuat kaldu menjadi lebih gurih.

  1. Tomat

Terakhir adalah tomat. Apabila ingin memperkuat rasa dari bahan ini, Anda bisa memanggangnya. Banyak sekali hidangan akan semakin sedap ketika menggunakan tomat di dalamnya.

Itulah tadi beberapa bahan penambah rasa makanan alami. Sebenarnya konsumsi MSG tidak masalah asalkan tidak berlebihan. Namun, akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan bahan-bahan alami tersebut demi kebaikan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.