Pengganti Gula Alami Untuk Diet Gula
- Lifestyle

Pengganti Gula Alami Untuk Diet Gula

Hampir setiap minuman dan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita mengandung gula. Bahkan nasi yang dimakan setiap hari mengandung gula. Tubuh memang membutuhkan gula namun konsumsi gula yang berlebihan bisa berdampak negatif bagi tubuh. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke pengganti gula alami ketika melakukan diet gula.

Makanan gula olahan dengan kandungan gula tinggi biasanya memiliki kandungan nutrisi penting yang kurang seperti vitamin, mineral, protein dan lemak. Ini juga meningkatkan risiko obesitas, diabetes dan kanker apabila konsumsi berlebihan. Ini karena gula olahan memiliki kalori yang tinggi.

Pengganti Gula Olahan

1. Madu

Anda mungkin akrab dengan madu, pemanis alami yang dibuat oleh lebah. Madu mengandung vitamin B dan vitamin C yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Ini juga memiliki 132 mg potasium untuk membantu meredakan sakit tenggorokan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi madu secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida pada penderita diabetes. Pemanis alami ini kaya akan antioksidan sehingga penggunaan jangka panjang tidak akan menimbulkan efek negatif.

2. Stevia

Anda mungkin masih asing dengan daun stevia. Secara ilmiah bernama Stevia Rebaudiana, tanaman ini memiliki rasa yang manis namun tanpa gula, sehingga bisa dikonsumsi secara rutin. Karena itu, dijamin tidak akan menambah berat badan.

Stevia juga memiliki banyak manfaat kesehatan selain diet gula. Stevia mengandung stevioside yang dapat membantu menurunkan tekanan darah sekitar 14%. Kabar baiknya adalah tersedia produk kemasan yang mengandung ekstrak stevia sehingga mudah dikonsumsi.

3. Sirup Jagung

Bahan alami ini tinggi fruktosa dan sering digunakan sebagai pemanis buatan dalam minuman kemasan atau makanan olahan. Meskipun kaya akan glukosa, zat ini dapat diubah menjadi fruktosa oleh enzim. Ini memang dapat digunakan sebagai pengganti gula, tetapi tidak disarankan untuk mengonsumsi sirup jagung dalam jumlah besar.

4. Gula Aren

Gula aren atau kelapa mengandung jumlah kalori dan karbohidrat yang sama dengan gula pasir. Satu sendok teh gula aren mengandung 16 kalori. Namun, kadar sukrosa lebih rendah pada 70-79% dan sukrosa gula putih pada 99-100%.

Gula dalam ekstrak kelapa juga mengandung antioksidan, nutrisi seperti kalsium, kalium dan zat besi. Selain itu, inulin atau serat yang memperlambat penyerapan glukosa, zat yang terdapat dalam gula aren, juga diserap lebih lambat oleh tubuh, membuat kadar gula darah lebih stabil.

5. Sirup Maple

Satu sendok makan sirup maple murni yang terbuat dari ekstrak getah maple mengandung 13,5 gram karbohidrat kaya sukrosa dan 52 kalori. Sukrosa dalam sirup ini sebenarnya lebih rendah dari madu. Selain sukrosa, sirup maple juga mengandung zat besi, magnesium, dan seng. Beberapa sumber menyebutkan bahwa sirup maple bukan hanya sebagai diet gula namun juga berperan sebagai agen anti kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published.