Sarapan Sehat Untuk Anak
- Parenting

Sarapan Sehat Untuk Anak

Sarapan merupakan waktu makan yang sangat penting bagi anak. Sarapan dianggap sebagai bahan bakar supaya aktivitas anak dapat berjalan optimal. Sehingga tak heran jika orang tua harus memberi sarapan sehat untuk anak yang bergizi tinggi supaya nutrisi anak dapat terpenuhi dengan baik.

Sayangnya, banyak orang tua yang justru mengabaikan hal tersebut. Akhirnya mereka banyak memberi anak sarapan yang sama sekali tidak diperbolehkan. Sehingga sarapan yang seharusnya bagus untuk tubuh malah menjadi racun bagi tubuh anak.

Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Dilansir dari Academy of Nutrition and Dietetics EatRight, anak yang tidak sempat sarapan menunjukkan sikap yang buruk selama belajar di sekolah. Sikap muncul karena lapar pada anak yang mengganggunya.

Tak hanya itu, sarapan sehat juga membuat anak terhindar dari obesitas. Bagi yang membutuhkan referensi, berikut kami berikan beberapa menu sarapan terbaik sehat untuk anak yang bisa dicoba di rumah :

  1. Sereal dan Susu

Sereal merupakan pilihan menu sarapan sehat yang paling simpel bagi orang tua yang tidak mau ribet. Menu sarapan sehat untuk anak ini sangat mudah untuk sangat dibuat. Belum lagi di era sekarang, sereal dilengkapi dengan varian jenis rasa yang tentunya sangat enak untuk dicoba.

Tentu saja hal tersebut menjadi pilihan terbaik bagi anak. Belum lagi sereal juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi anak. Sereal untuk sarapan mempunyai kandungan karbohidrat serta zat besi.

Keduanya dapat mencukupi kebutuhan energi anak saat melakukan berbagai kegiatan di pagi hari. Tambahan susu juga dapat melengkapi menu sarapan tinggi kalsium yang bagus untuk pertumbuhan tulang anak.

  1. Smoothie Bowl

Menu sarapan sehat untuk anak selanjutnya adalah membuatkan anak smoothie buah-buahan yang terkenal sangat lezat, bergizi dan tentunya kaya akan vitamin.  Smoothie dapat dibuat dari campuran buah segar yang diblender dengan tambahan susu atau juga yogurt serta pisang yang telah dibekukan.

Buah pisang kaya serat, potassium, vitamin B6 dan juga karbohidrat. Berbeda dengan yogurt dan susu yang mempunyai kandungan kalsium yang tentunya dapat melengkapi kebutuhan gizi bagi si anak.

Untuk kreasi tambahan lainnya, Bunda dapat membuat sebuah smoothie bowl yang sangat enak dan bergizi. Tak ada salahnya memberi campuran bubuk coklat yang punya kandungan lemak sebagai sumber energi utama.

  1. Banana Dog

Hot Dog merupakan jenis makanan yang sangat digemari anak-anak. Namun, dibanding sosis yang punya bahan pengawet, Bunda dapat membuat banana dog sebagai pengganti sosis di bagian dalamnya.

Cara tergolong sangat mudah karena cukup dengan menyiapkan roti gandum sebagai pengganti roti saja. Kemudian silahkan ganti sosis dengan satu buah pisang serta mengganti saus tomat dengan sedikit karamel, selai stroberi dan madu.

Sarapan sehat untuk anak tidak dapat lepas dari menu makanan yang disajikan. Dengan beberapa referensi menu yang sudah diberikan, semoga Bunda tidak bingung mau menyajikan menu sarapan yang sehat lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.